One Day One Review

Aplikasi Pendukung Ibadah Itikaf

By Vina Insyani

Photo by Rachid Oucharia on Unsplash

Uzone.id -Ramadhan yang terjadi di masa pandemi membuat beberapa ibadah yang biasanya dilakukan di masjid menjadi terbatas. Beberapa masjid memberlakukan protokol kesehatan ketika umat akan beribadah I’tikaf, termasuk dengan membatasi kapasitas pengunjung masjid itu sendiri.

Namun, ini tak kan mengurangi antusiasme umat muslim dalam beribadah, termasuk itikaf. Itikaf sendiri memiliki makna berhenti atau berdiam diri didalam masjid dengan syarat-syarat tertentu, dengan niat untuk beribadah kepada Allah. I’tikaf merupakan ibadah sunnah yang utamanya dilakukan pada bulan Ramadhan.

Ada beberapa aplikasi yang dapat memberikan kemudahan bagi umat muslim dalam melakukan ibadah I’tikaf, berikut aplikasi-aplikasi yang dapat mempermudah muslim dalam beribadah I’tikaf

Panduan I'tikaf dan Amalannya

Aplikasi ini berisi amalan-amalan sunnah Rasul, zikir, doa-doa harian, panduan shalat taubat, dan waktu yang dilarang untuk melaksanakan shalat. Dengan informasi yang ada, pengguna dapat memperdalam ilmu agama ketika melakukan itikaf.

Ramadhan Challenge

Aplikasi ini telah diunduh sebagai 5ribu kali di Google PlayStore. Tampil dengan warna biru muda dan logo bulan sabit serta dua bintang, Ramadhan Challenge memiliki beberapa fitur-fitur ibadah harian yang bisa meningkatkan kualitas dalam beribadah I’tikaf.

Fitur-fitur tersebut diantaranya fitur shalat, tadarus Al-Qur’an, dzikir, dan puasa. Masing-masing dari fitur ini akan memberikan nilai bagi penggunanya. Contohnya pada bagian dzikir, layaknya tasbih fitur ini akan menghitung banyaknya dzikir yang dilantunkan. Lalu, jumlah ini akan diubah menjadi poin. Poin ini nantinya akan membuat pengguna masuk dalam daftar leaderboard yang tersedia dalam aplikasi ini.

Panduan I’tikaf

Aplikasi ini berisi panduan untuk menjalani ibadah Itikaf. Dimulai dari menampilkan makna i'tikaf itu sendiri, hingga menyajikan amalan lainnya seperti shalat sunnah.

Panduan yang hadir dalam aplikasi ini antara lain penjabaran mengenai tempat pelaksanaan itikaf, adab itikaf, dalil dan niat melakukan itikaf. Ada pula pengertian dasar pada Al-Quran dan Hadis bagi kegiatan lain yang menunjang ibadah itikaf.