Gadget

Antara AirTag milik Apple, Tile, dan Samsung SmartTag, Pilih yang Mana?

By Vania Puteri

Uzone.id – Sering lupa menaruh dompet, kunci rumah, atau barang kecil lainnya di rumah? Atau mungkin khawatir kehilangan koper saat berpergian? Berbagai perusahaan teknologi telah hadir dengan solusi atas kekhawatiran tersebut dengan merilis alat pelacak tanpa kabel yang mudah digunakan.

Apple baru saja mengumumkan perilisan alat pelacaknya yaitu AirTag pada 20 April 2021. Samsung sudah lebih dahulu merilis alat pelacaknya yang bernama SmartTag pada bulan Januari 2021 kemarin. Selain Apple dan Samsung, terdapat juga merk Tile yang sudah lebih dahulu merilis alat pelacak pada tahun 2017. Ketiga alat pelacak ini memiliki fungsi serta cara kerja yang serupa, lantas apa yang membedakan ketiga merk ini?

Ketiga pelacak ini memiliki kesamaan cara kerja, kalian dapat melacak barang melalui aplikasi pada ponsel melalui jaringan Bluetooth. Pelacak ini akan mengeluarkan bunyi sebagai penanda lokasi agar bisa ditemukan oleh kalian.

Ketika pelacak berada terlalu jauh dari jarak ranah Bluetooth, maka pengguna dapat tetap menemukan barangnya apabila terdapat pengguna lain yang memiliki aplikasi dari Tile, Apple, atau Samsung berada di sekitar barang kalian.

Harga AirTag vs Tile vs SmartTag
Untuk satu AirTag, kalian perlu merogoh kantong untuk setidaknya USD29 (sekitar Rp419 ribu). AirTag juga dijual dalam paket berisi empat pelacak seharga USD99 (sekitar Rp1,4 juta).

Merk Tile memiliki berbagai ukuran dengan harga yang berbeda, dengan opsi yang paling murah seharga USD25 (sekitar Rp361 ribu) untuk Tile Mate dan yang paling murah seharga USD35 (sekitar Rp506 ribu) untuk Tile Pro.

Terdapat dua versi alat pelacak dari Samsung, pertama yaitu SmartTag yang berada ditengah-tengah dengan harga Rp399.000 hingga USD85 (sekitar Rp 1,2 juta) untuk satu paket berisi empat SmartTag. Versi keduanya yaitu SmartTag+ seharga USD39 (sekitar Rp564 ribu).

Model AirTag vs Tile vs SmartTag
AirTag hanya memiliki satu model berukuran diameter 3,2 cm dengan ketebalan 0,8 cm. AirTag berbentuk seperti koin yang mudah diselipkan ke dalam barang berkantong kalian. Namun kalian perlu membeli aksesoris terpisah apabila kalian ingin menggantungkan AirTag ke kunci atau barang lainnya.

Tile di sisi lain memiliki beragam model dengan kemampuan yang beragam juga. Terdapat Tile Mate yang mirip seperti AirTag namun memiliki lubang kecil (memudahkan untuk digantung ke kunci dan barang lain) berukuran 4,2 cm x 4,2 cm x 0,6 cm, Tile Slim yang tipis (8,6 cm x 5,4 cm x 0,2cm) hingga dapat diselipkan pada dompet tipis atau Passport Holder, dan Tile Sticker (2,7 cm x 0,7 cm) yang dapat kalian tempelkan pada remote control TV atau perangkat lainnya.

SmartTag dan SmartTag+ memiliki satu model ukuran yang sama dengan ukuran 3,9 cm x 3,9 cm x 0,9 cm yang juga dilengkapi oleh lubang kecil pada bagian atasnya sehingga kalian dengan mudah dapat menggantung SmartTag ke barang lainnya.
Baterai dan Ketahanan AirTag vs Tile vs SmartTag

Tile Mate, Tile Pro, dan AirTag memiliki daya baterai yang sama yaitu satu tahun dan baterainya dapat diganti, sedangkan Tile Slim dan Tile Sticker memiliki ketahanan hingga 3 tahun dengan baterai built-in.

AirTag, Tile Pro, dan Tile Mate merupakan water-resistant atau mampu menahan cipratan air, sedangkan Tile Slim dan Tile Sticker kedap air atau waterproof.

Berdasarkan spesifikasi yang dicantumkan, sayangnya SmartTag tidak kedap air dan juga tidak tahan atas cipratan air. Baterai yang dimiliki SmartTag dapat diganti dan dapat bertahan hingga satu tahun.

Mode Pelacakan AirTag vs Tile vs SmartTag
Untuk mengaktifkan AirTag, caranya cukup mirip seperti kalian hendak mengaktifkan AirPods yaitu melalui aplikasi Find My pada iPhone atau perangkat Apple lainnya yang kompatibel (iOS 14.5 ke atas). AirTag ini kemudian akan terhubung dengan Apple ID kalian. Kalian dapat meminta Siri untuk menemukan lokasi barang dan AirTag akan mengeluarkan suara apabila berada di sekitar kalian.

Apabila barang kalian hilang di tempat umum, kalian dapat mengaktifkan mode Lost sebagai penanda. Kalian akan diberi notifikasi ketika barang sudah berada di jangkauan kalian atau telah ditemukan lokasinya oleh jaringan Find My. Dengan aplikasi Find My, kalian bahkan dapat mengetahui presisi lokasi barang serta arah barang kalian. Belum ada angka khusus mengenai jangkauan dari AirTag, namun dipercaya dapat mencapai 100 meter apabila mengandalkan kapasitas jangkauan dari Bluetooth.

AirTag juga dilengkapi dengan NFC. Apabila kalian menemukan barang hilang dengan AirTag tertera, kalian cukup menempelkan AirTag tersebut ke perangkat kalian untuk menampilkan informasi dari pemilik AirTag tersebut.

Cara kerja pelacak Tile kurang lebih sama dengan AirTag, namun melalui aplikasi khusus Tile. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna Android maupun pengguna Apple. Pelacak Bluetooth milik Tile mampu melacak dalam jangkauan mulai dari 45 – 121 meter, tergantung model Tile yang kalian miliki. Berbeda dengan AirTag, Tile tidak dilengkapi dengan NFC dan kombinasi dari AR Kit milik Apple untuk memaksimalkan presisi lokasi barang.

SmartTag mengandalkan fitur sinkronisasi dari Samsung yaitu melalui aplikasi SmartThings (Android 8.0 ke atas) dan jaringan Bluetooth. Terdapat tiga mode untuk melacak SmartTag kalian. Pertama, dengan membuka menu search by nearby yang akan memberikan sinyal kuat apabila kalian berada semakin dekat dengan SmartTag. Kedua, melihat lokasi SmartTag melalui peta yang tersedia, dan ketiga dengan menyalakan mode berdering SmartTag. Samsung mengiklankan SmartTag yang mampu melacak dalam jangkauan 120 meter.

Bagi SmartTag+, pelacak ini dilengkapi dengan mode pelacakan menggunakan Bluetooth dan ultra-wideband (UWB). Dengan teknologi UWB, kalian dapat memanfaatkan Augmented Reality (AR) untuk membimbing kalian ke barang kalian yang hilang melalui kamera ponsel. Untuk saat ini, hanya Galaxy Note 20 Ultra, dan Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra yang dapat mengaktifkan fitur ini.

Di atas merupakan perbandingan antara AirTag, Tile, dan SmartTag untuk membantu kalian menentukan pilihan. Tentu ketiga produk ini didesain dengan tujuan untuk melacak barang, bukan untuk melacak orang. Apabila kalian khawatir dilacak dengan kedua alat ini, kalian dapat memeriksa aplikasi Tile, Find My, atau SmartThings di ponsel kalian untuk mencari tahu apakah ada perangkat pelacak Tile, AirTag, atau SmartTag di dekat kalian.

Selamat mencoba!