Automotive

Adu Skutik Entry Honda BeAT vs Yamaha Gear Ultima Hybrid

Brian Priambudi
Adu Skutik  <em>Entry</em> Honda BeAT vs Yamaha Gear Ultima Hybrid

Uzone.id - Pasar skutik entry level di Indonesia kembali memanas dengan hadirnya Yamaha Gear Ultima Hybrid. Di kelasnya, motor ini akan bersaing dengan Honda BeAT, kira-kira bagaimana perbandingannya?

Dari segi desain, Yamaha Gear Ultima Hybrid kini punya tampilan yang lebih agresif dari generasi sebelumnya. Sementara Honda BeAT terbaru juga tampil agresif, dengan hadirnya lekukan tajam di lampu utama.

Soal desain, tampaknya kedua skutik ini punya gaya masing-masing, sehingga hanya tergantung preferensi selera konsumen saja.

Langsung saja ke sektor performanya, Yamaha Gear Ultima Hybrid menggunakan mesin berkapasitas 124,86 cc, 1-silinder, 4-langkah, SOHC, berpendingin udara. Dengan konfigurasi tersebut, motor ini memiliki tenaga sebesar 6,2 kW atau setara 8,3 dk di 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm.





Sesuai namanya, mesin tersebut didukung dengan teknologi hybrid yang mengandalkan daya dari aki untuk membantu akselerasi awal saat motor melaju.

Sedangkan, Honda BeAT mengusung mesin 109,5 cc, 1-silinder, 4-langkap, SOHC, eSP. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,8 dk di 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm di 6.000 rpm.



Mesin ini tidak didukung teknologi hybrid, artinya masih dalam bentuk konvensional seperti motor matic pada umumnya.

Secara ukuran dimensi, Yamaha Gear Ultima dibekali panjang 1.850 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.075 mm, dengan wheelbase 1.280 mm. Jika dibandingkan, Honda BeAT memiliki panjang 1.876 mm, lebar 669 mm, dan tinggi 1.080 mm, dengan jarak sumbu roda 1.255 mm.




Lanjut ke kaki-kakinya, Yamaha Gear Ultima juga lebih kekar dari versi lamanya. Motor ini mengandalkan ban berukuran 110/70 baik di depan dan belakang dengan diameter pelek 12 inci lebih kecil dari generasi lama.

Jika dibandingkan, All New Honda BeAT mengandalkan kaki-kaki yang sedikit lebih kecil karena menggunakan ban berukuran 80/90-R14 di depan dan 90/90-R14 di belakang. Hanya saja, dari segi diameter lebih besar milik Honda BeAT.



Perihal harga, Yamaha Gear Ultima ditawarkan dalam dua varian yakni tipe S dan Standard. Pada tipe S yang dibekali dengan fitur Y-Connect dijual sebesar Rp21,5 juta. Sementara untuk tipe Standard tanpa Y-Connect dibanderol Rp19,9 juta.

Sedangkan jika dibandingkan dengan All New Honda BeAT tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp18.430.000 On The Road (OTR) Jakarta, Tipe Deluxe Standard dipasarkan seharga Rp19.300.000 OTR Jakarta, sedangkan Tipe Deluxe Smart Key yang menjadi varian tertinggi di All New Honda BeAT hadir dengan harga Rp19.830.000.


Spesifikasi Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid

Mesin124,86 cc, 1-silinder, 4-langkah, SOHC, berpendingin udara
Diameter x Langkah
52,4 x 57,9 mm
Tenaga Maksimum
8,3 dk di 6.500 rpm
Torsi Maksimum
10,6 Nm di 4.500 rpm
Kapasitas Oli
Assembly 0,84 L, Berkala 0,80 L
Sistem Bahan Bakar
Injeksi
Tipe Kopling
Sentrifugal Kering
Tipe Transmisi
V-Belt Otomatis
Sistem Pelumasan
Basah
Sistem Starter
Elektrik
Tipe Rangka
Underbone
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Unit Swing Suspensi Tunggal
Ban Depan
110/70-12 47L
Ban Belakang
110/70-12 47L
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Tromol
Dimensi PxLxT
1.850 x 685 x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda
1.280 mm
Jarak Terendah ke Tanah
135 mm
Berat Isi
95 kg
Tinggi Jok
759 mm
Sistem Pengapian
TCI
Aki
YTZ6V
Busi
NGK/CR6HSA


Spesifikasi All New Honda BeAT 2024

Tipe Mesin4 – Langkah, SOHC, eSP
Diameter x Langkah47.0 x 63.1 mm
Volume Langkah109,5cc
Perbandingan Kompresi10,0 : 1
Daya Maksimum6.6 kW (9.0 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum9.2 N.m (0.94 kgf.m) / 6000 rpm
KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
StarterElektrik dan Kick Starter (Tipe CBS),
 
Elektrik (Tipe Deluxe & Deluxe Smart Key)
BusiNGK MR9C-9N
Sistem Bahan BakarInjeksi (PGM-FI)
TransmisiOtomatis, V-Matic
Sistem PengapianFull Transisterized
Tipe RangkaTulang Punggung – eSAF (enhance Smart Architecture Frame)
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangLengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ukuran Ban Depan80/90 - 14 M/C 40P Tubeless
Ukuran Ban Belakang90/90 - 14 M/C 46P Tubeless
Rem DepanCakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
Rem BelakangTromol
Sistem PengeremanCombi Brake System
Panjang X Lebar X Tinggi1876 x 669 x 1080 mm
Jarak Sumbu Roda1.255 mm
Jarak Terendah Ke Tanah148 mm
Berat Kosong88 kg (tipe CBS)
 
87 kg (tipe Deluxe & Deluxe Smart Key)
Tinggi Tempat Duduk742 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar4.2 L
Kapasitas Minyak Pelumas0.65 Liter (Penggantian Periodik)
KelistrikanMF 12V-3Ah (Tipe CBS)