Adu Skutik Entry Honda BeAT vs Yamaha Gear Ultima Hybrid

Uzone.id - Pasar skutik entry level di Indonesia kembali memanas dengan hadirnya Yamaha Gear Ultima Hybrid. Di kelasnya, motor ini akan bersaing dengan Honda BeAT, kira-kira bagaimana perbandingannya?
Dari segi desain, Yamaha Gear Ultima Hybrid kini punya tampilan yang lebih agresif dari generasi sebelumnya. Sementara Honda BeAT terbaru juga tampil agresif, dengan hadirnya lekukan tajam di lampu utama.
Soal desain, tampaknya kedua skutik ini punya gaya masing-masing, sehingga hanya tergantung preferensi selera konsumen saja.
Langsung saja ke sektor performanya, Yamaha Gear Ultima Hybrid menggunakan mesin berkapasitas 124,86 cc, 1-silinder, 4-langkah, SOHC, berpendingin udara. Dengan konfigurasi tersebut, motor ini memiliki tenaga sebesar 6,2 kW atau setara 8,3 dk di 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Sesuai namanya, mesin tersebut didukung dengan teknologi hybrid yang mengandalkan daya dari aki untuk membantu akselerasi awal saat motor melaju.
Sedangkan, Honda BeAT mengusung mesin 109,5 cc, 1-silinder, 4-langkap, SOHC, eSP. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,8 dk di 7.500 rpm dan torsi 9,2 Nm di 6.000 rpm.
Mesin ini tidak didukung teknologi hybrid, artinya masih dalam bentuk konvensional seperti motor matic pada umumnya.
Secara ukuran dimensi, Yamaha Gear Ultima dibekali panjang 1.850 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.075 mm, dengan wheelbase 1.280 mm. Jika dibandingkan, Honda BeAT memiliki panjang 1.876 mm, lebar 669 mm, dan tinggi 1.080 mm, dengan jarak sumbu roda 1.255 mm.
.jpg)
Lanjut ke kaki-kakinya, Yamaha Gear Ultima juga lebih kekar dari versi lamanya. Motor ini mengandalkan ban berukuran 110/70 baik di depan dan belakang dengan diameter pelek 12 inci lebih kecil dari generasi lama.
Jika dibandingkan, All New Honda BeAT mengandalkan kaki-kaki yang sedikit lebih kecil karena menggunakan ban berukuran 80/90-R14 di depan dan 90/90-R14 di belakang. Hanya saja, dari segi diameter lebih besar milik Honda BeAT.
Perihal harga, Yamaha Gear Ultima ditawarkan dalam dua varian yakni tipe S dan Standard. Pada tipe S yang dibekali dengan fitur Y-Connect dijual sebesar Rp21,5 juta. Sementara untuk tipe Standard tanpa Y-Connect dibanderol Rp19,9 juta.
Sedangkan jika dibandingkan dengan All New Honda BeAT tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp18.430.000 On The Road (OTR) Jakarta, Tipe Deluxe Standard dipasarkan seharga Rp19.300.000 OTR Jakarta, sedangkan Tipe Deluxe Smart Key yang menjadi varian tertinggi di All New Honda BeAT hadir dengan harga Rp19.830.000.
Spesifikasi Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid
Mesin | 124,86 cc, 1-silinder, 4-langkah, SOHC, berpendingin udara |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm |
Tenaga Maksimum | 8,3 dk di 6.500 rpm |
Torsi Maksimum | 10,6 Nm di 4.500 rpm |
Kapasitas Oli | Assembly 0,84 L, Berkala 0,80 L |
Sistem Bahan Bakar | Injeksi |
Tipe Kopling | Sentrifugal Kering |
Tipe Transmisi | V-Belt Otomatis |
Sistem Pelumasan | Basah |
Sistem Starter | Elektrik |
Tipe Rangka | Underbone |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Unit Swing Suspensi Tunggal |
Ban Depan | 110/70-12 47L |
Ban Belakang | 110/70-12 47L |
Rem Depan | Cakram |
Rem Belakang | Tromol |
Dimensi PxLxT | 1.850 x 685 x 1.075 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.280 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 135 mm |
Berat Isi | 95 kg |
Tinggi Jok | 759 mm |
Sistem Pengapian | TCI |
Aki | YTZ6V |
Busi | NGK/CR6HSA |
Spesifikasi All New Honda BeAT 2024
Tipe Mesin | 4 – Langkah, SOHC, eSP |
Diameter x Langkah | 47.0 x 63.1 mm |
Volume Langkah | 109,5cc |
Perbandingan Kompresi | 10,0 : 1 |
Daya Maksimum | 6.6 kW (9.0 PS) / 7.500 rpm |
Torsi Maksimum | 9.2 N.m (0.94 kgf.m) / 6000 rpm |
Kopling | Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering |
Starter | Elektrik dan Kick Starter (Tipe CBS), |
| Elektrik (Tipe Deluxe & Deluxe Smart Key) |
Busi | NGK MR9C-9N |
Sistem Bahan Bakar | Injeksi (PGM-FI) |
Transmisi | Otomatis, V-Matic |
Sistem Pengapian | Full Transisterized |
Tipe Rangka | Tulang Punggung – eSAF (enhance Smart Architecture Frame) |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal |
Ukuran Ban Depan | 80/90 - 14 M/C 40P Tubeless |
Ukuran Ban Belakang | 90/90 - 14 M/C 46P Tubeless |
Rem Depan | Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal |
Rem Belakang | Tromol |
Sistem Pengereman | Combi Brake System |
Panjang X Lebar X Tinggi | 1876 x 669 x 1080 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.255 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 148 mm |
Berat Kosong | 88 kg (tipe CBS) |
| 87 kg (tipe Deluxe & Deluxe Smart Key) |
Tinggi Tempat Duduk | 742 mm |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 4.2 L |
Kapasitas Minyak Pelumas | 0.65 Liter (Penggantian Periodik) |
Kelistrikan | MF 12V-3Ah (Tipe CBS) |