Automotive

Adu Performa Mitsubishi Destinator vs Innova Zenix: Turbo vs Hybrid

Bagja Pratama
Adu Performa  Mitsubishi Destinator vs  Innova Zenix: Turbo vs Hybrid

Uzone.id - Mitsubishi Destinator resmi diperkenalkan sebagai SUV 7-seater terbaru pabrikan berlambang tiga berlian. Toyota Innova Zenix pun diincar sebagai lawannya.

Mobil ini punya tampilan dan spesifikasi yang memadukan SUV dan MPV. Sama-sama punya kapasitas 7 penumpang. 



Namun urusan mesin, berbeda; turbo vs hybrid. Innova Zenix menawarkan pilihan mesin bensin 2.000 cc dan mesin hybrid 2.000 cc. 

Sedangkan Destinator hanya memiliki satu pilihan, yakni mesin bensin 1.500 cc turbo. 

Mengutip website Toyota-Astra Motor (TAM), Toyota Kijang Innova Zenix bermesin bensin memakai jantung pacu 2.000 cc, M20A-FKS, 4 silinder segaris, dengan output tenaga 174 PS (171,6 dk) pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 kgm (204,9 Nm) pada rentang 4.500 rpm hingga 4.900 rpm.

Sedangkan versi Innova Zenix HEV (hybrid electric vehicle), menggunakan mesin 2.000 cc, M20A-FXS, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, chain drive Dual VVT-i, yang ditopang baterai Ni-MH berkapasitas 1,31 kWh.

Mesin Innova Zenix HEV bisa menghasilkan tenaga 152 PS (149,9 dk) pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 kgm (187,3 Nm) pada rentang 4.400 rpm hingga 5.200 rpm. Sedang untuk motor listriknya, bisa menghasilkan tenaga 113 PS (111,4 dk) dan torsi 21 kgm (205,9 Nm).

Bergeser ke jagoan 7-seater baru, Mitsubishi Destinator mengusung jantung pacu 1.500 cc, MIVEC turbo, 4B40, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 163 PS (160,7 dk) dan torsi 250 Nm.



Di atas kertas, untuk versi mesin bensin, sebenarnya Innova Zenix dan Destinator bisa setara. Innova mengusung kapasitas mesin lebih besar tapi tanpa turbo, Mitsubishi Destinator sebaliknya, mesin lebih kecil tapi turbo.

Sementara kalau dibandingkan dengan versi HEV alias hybrid, jelas performa Destinator kalah jauh, baik dari segi performa maupun efisiensi BBM-nya.